20 Jenis Pekerjaan Di Sekitar Kita Beserta Keterangannya – Materi IPS Kelas 3 SD

20 Jenis Pekerjaan Di Sekitar Kita Beserta Keterangannya - Materi IPS Kelas 3 SD



Jenis-Jenis Pekerjaan Di Sekitar Kita – Materi IPS Kelas 3 SD

1. Petani
Petani pekerjaannya bercocok tanam di sawah. Petani menghasilkan macam-macam bahan pangan seperti menghasilkan padi, jagung, kedelai dan ketela. Mayoritas penduduk di Indonesia  juga bermata pencaharian sebagai petani, maka dari itu Indonesia disebut sebagai negara agraris.

2. Nelayan
Nelayan pekerjaannya mencari atau menangkap ikan yang ada di laut. Nelayan biasa menggunakan kapal atau perahu ketika menangkap ikan. Mereka menangkap ikan bisa menggunakan jaring atau jala. Kebanyakan orang yang tinggal di dekat pantai bermata pencaharian sebagai nelayan.

3. Peternak
Peternak  adalah pekerjaan yang membudidayakan ternak. Hewan ternak itu seperti sapi, kambing. kerbau, kelinci dan burung. Para peternak memelihara hewan-hewan tersebut untuk bisa dimanfaatkan bagi kehidupan sehari-hari. Contohnya untuk dimanfatkan dagingnya, telurnya, tenaganya atau dimanfaatkan keindahannya.

4. Guru
Guru adalah orang yang pekerjaannya mengajar para siswa. Para guru biasanya bekerja di sekolah. Guru mengajar ilmu pengetahuan kepada orang lain. Pekerjaan sebagai guru dikenal sebagai seorang pahlawan tanpa tanda jasa. Hal itu karena pekerjaan sebagai seorang guru adalah pekerjaan yang sangat mulia.

5. Dokter
Dokter adalah seorang yang pekerjaannya memeriksa atau mengobati kesehatan orang. Seorang dokter biasa kita temui di rumah sakit atau di puskesmas. Dokter berusaha membuat orang yang sakit untuk bisa kembali sembuh seperti sedia kala. Agar bisa menjadi orang yang sehat kembali.

6. Polisi
 Polisi adalah seorang yang pekerjaannya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat. Seorang polisi dapat kita temui di kantor polisi. Polisi di lingkungan kecamatan dinamakan Polsek ( Kepolisian Sektor ), polisi di tingkat kabuaten dinamakan Polres ( Kepolisian Resort) dan polisi di tingkat provinsi dinamakan Polda ( Kepolisian Daerah)

7. Tentara
Tentara adalah seorang yang pekerjaannya menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia. Tentara di Indonesia dikenal dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

8. Pedagang
Pedagang adalah seorang yang pekerjaannya menjual dan membeli barang. Seorang pedagang dapat kita temui dengan mudah di pasar. Pasar menjadi tempat bertemunya penjual dan pembeli. Pedagang membeli dan menjual barang untuk mendapatkan keuntungan.

9. Penjahit
Penjahit adalah seorang yang pekerjaannya menjahit pakaian. Seorang penjahit bisa membuat sebuah pakaian atau membenahi pakaian kita yang telah rusak.

10. Sopir
Sopir adalah seorang yang pekerjaannya mengemudikan kendaraan seperti bus dan mobil roda empat lainnya.

( Lihat juga : Latihan Soal Memilih Jenis Gerak Benda IPA Kelas 3 SD )

11. Suster
Suster adalah seseorang yang pekerjaannya membantu dokter untuk merawat pasien di rumah sakit agar cepat sembuh.

12. Montir
Montir adalah seorang yang pekerjaannya membenahi motor-motor yang rusak atau mengalami masalah. Montir biasa bekerja di bengkel.

13. Kondektur
Kondektur adalah seorang yang pekerjaanya membantu seorang sopir di bus. Seorang kondektur biasa menarik tiket dan uang bayaran dari setiap penumpang

14. Buruh
Buruh adalah seorang yang bekerja kepada orang lain atau kepada sebuah perusahaan untuk mengerjakan suatu pekerjaan tertentu. Seorang buruh akan diberi upah sesuai dengan pekerjaan yang dilakukannya.

15. Nahkoda
Nahkoda adalah seorang yang pekerjaannya mengemudikan kapal laut.

( Lihat juga : Soal Teka-Teki Silang (TTS) Tentang Pekerjaan Untuk Kelas 3 SD )

16. Masinis
Masinis adalah seorang yang pekerjaannya mengemudikan kereta api.

17. Pilot
Pilot adalah seoarnag yang pekerjaannya mengemudikan pesawat.

18. Satpam
Satpam adalah seorang yang pekerjaannya menjaga keamanan di lingkungan tertentu. Seperti di perumahan, perusahaan ataupun di sekolah.

19. Tukang Cukur
Tukang cukur adalah seorang ang pekerjaannya memotong rambut orang lain untuk dirapikan atau dijadikan lebih rapi atau indah.

20. Tukang Bangunan
Tukang bangunan adalah seorang yang pekerjaanya membangun suatu bangunan seperti rumah, gedung, masjid dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + nine =