Lama Waktu Lumba-Lumba Melahirkan

Lama Waktu Lumba-Lumba Melahirkan


Lumba-lumba adalah mamalia laut yang sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. Salah satu contoh adalah kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air. Hal ini yang digunakan para perenang untuk merancang baju renang yang mirip kulit lumba-lumba.

Lumba-lumba memiliki sebuah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar, sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga terhindar dari benturan. Teknologi ini kemudian diterapkan dalam pembuatan radar kapal selam. Lumba-lumba adalah binatang menyusui karena lumba lumba adalah mamalia. Mereka hidup di laut dan sungai di seluruh dunia. Lumba-lumba adalah kerabat paus dan pesut. Ada lebih dari 40 jenis lumba-lumba.


Lumba-lumba termasuk hewan mamalia. Lumba-lumba bernafas dengan menggunakan paru-paru, sehingga mereka setiap beberapa menit selalu muncul ke permukaan air untuk mengirup udara. Untuk menghirup udara di permukaan air, lumba-lumba mempunyai lubang kecil seperti mulut di belakang kepalanya yang sering di sebut “blowhole”. Melalui lubang inilah lumba-lumba bernafas. Sering kali kita melihat semburan kecil seperti kabut air keluar dari “blowhole”. Semburan kecil ini terjadi sebelum menghirup udara, setelah menghirup udara secukupnya, lubang ini akan menutup sehingga air tidak dapat masuk ke paru-paru dan mulai berenang atau menyelam seperti biasanya.

( Baca juga : Macam-Macam Arsip )

Ada banyak jenis lumba-lumba di dunia ini, dan untuk menjadi lumba-lumba dewasa yang siap berproduksi tergantung jenis species dan jenis kelaminnya. Untuk lumba-lumba betina bisanya lebih cepat dewasa daripada lumba lumba jantan. Lumba-lumba dewasa betina adalah lumba-lumba betina yang siap untuk dibuahi oleh lumba-lumba jantan.
Setelah di buahi oleh lumba-lumba jantan, maka lumba-lumba betina akan mengalami masa kehamilan sekitar 9 sampai 17 bulan tergantung dari jenis lumba-lumba tersebut. Misalnya : 
– lumba2 hidung botol, 12 bulan
– lumba2 spinner 10.5 bulan
– lumba2 spotted 11.5 bulan
– lumba2 pilot 12-15 bulan
– lumba2 risso 13-14 bulan
Awalnya dari kelahiran berjalan sangat lambat, sang ibu biasanya hanya berenang berputar-putar di atas permukaan laut selama satu atau dua jam. Setelah waktunya tepat bayi lumba-lumba yang disebut “calf” muncul keluar dengan rentang waktu 20 sampai 30 menit. Biasanya yang muncul pertama kali adalah ekor dari bayi, tapi tidak menutup kemungkinan kepala yang muncul duluan, kebanyakan lumba-lumba melahirkan dengan ekor bayi terlebih dahulu. Rata-rata bayi lumba-lumba lahir dengan panjang 42 sampai 52 inch dengan berat sekirat 44 pounds. Bayi lumba-lumba mempunyai tulang punggung dan ekor yang sangat fleksibel dan akan mengeras ketika beranjak dewasa.

Bayi lumba-lumba yang baru lahir akan dibawa ke permukaan oleh induknya agar bisa menghirup udara. Lumba-lumba perlu naik ke permukaan untuk bernapas supaya tetap hidup. Lumba-lumba bernapas melalui lubang udara yang terletak di atas kepalnya. Tubuhnya yang licin dan ramping sangat sesuai untuk berenang. Induk lumba-lumba menyusui anaknya dengan susu yang gurih dan menyediakan energi bagi anaknya supaya cepat besar. Setiap anak lumba-lumba selalu berada di dekat induknya, sehingga ibunya bisa melindungi dari bahaya. Lumba-lumba selalu menjaga hubungan dengan anaknya hingga tumbuh semakin besar. Induk lumba-lumba memanggil anak anaknya dengan siulan khusus yang bisa mereka kenali.

Tinggalkan komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of