Soal Online Tema 4 Kelas 3 SD Subtema 4 Kewajiban dan Hakku Sebagai Warga Negara Langsung Ada Nilainya

  • Whatsapp
Soal Online Tema 4 Kelas 3 SD Subtema 4 Kewajiban dan Hakku Sebagai Warga Negara Dilengkapi Kunci Jawaban
Soal Online Tema 4 Kelas 3 SD Subtema 4 Kewajiban dan Hakku Sebagai Warga Negara Dilengkapi Kunci Jawaban

Kali ini Bimbel Brilian menyajikan latihan soal berbentuk online untuk memudahkan putra-putri anda dalam belajar.

Keterangan soal online :

Jenis soal online = Pilihan ganda
Jumlah soal online = 25 butir soal
Waktu mengerjakan = 90 menit
Bab / Materi Soal =  Soal Online Tema 4 Kelas 3 SD Subtema 4 Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara Langsung Ada Nilainya

Bacaan Lainnya

*Jika ingin melihat soalnya secara lengkap dan juga ingin mendownloadnya, berikut linknya :

Soal Tema 4 Kelas 3 SD Subtema 4 Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara dan Kunci Jawaban

Download Soal Tema 4 Kelas 3 SD Subtema 4 Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara dan Kunci Jawaban

Di bawah ini adalah Soal Online Tema 4 Kelas 3 SD Subtema 4 Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara Langsung Ada Nilainya secara otomatis, semoga bisa menambah motivasi ananda tercinta dalam belajar dalam mengasah kemampuannya.

Cara mengerjakan soal online ini :

– Pilihlah jawaban yang dianggap tepat
– Jika sudah selesai, klik tulisan ” KOREKSI JAWABAN ” di bagian paling bawah soal untuk mengoreksi.
– Lihatlah hasil koreksi beserta penilaiannya.

Selamat mengerjakan.

Selamat Mengerjakan Soal Online Tema 4 Kelas 3 SD Subtema 4 Kewajiban dan Hakku Sebagai Warga Negara Langsung Ada Nilainya

1. Contoh hak sebagai warga negara di lingkungan alam seperti ….
2. Merasakan lingkungan yang bersih adalah hak setiap warga negara, beriring dengan hal itu kita juga punya kewajiban untuk ….
3. Membuang sampah secara sembarangan ke sungai adalah contoh perbuatan yang melalaikan kewajiban sebagai warga negara. Hal ini bisa bedampak buruk yaitu ….
4. Hak warga negara dalam bidang kesehatan contohnya adalah ….
5. Puskesmas dan rumah sakit adalah contoh fasilitas kesehatan yang banyak didirikan negara. Kewajiban kita sebagai warga negara terkait fasilitas kesehatan tersebut antara lain adalah ….
6. Menjaga kesehatan diri sendiri adalah salah satu kewajiban seorang warga negara. Tindakan di bawah ini yang mencerminkan sikap menjaga kesehatan adalah ….
7. Ketika Dika berolahraga di taman kota, ia melihat ada beberapa pengunjung yang membuang sampah secara sembarangan di jalan taman. Hal tersebut termasuk perbuatan yang melalaikan kewajiban serta mengganggu hak orang lain yaitu ….
8. Saat berkendara di jalan raya kita punya kewajiban untuk ….
9. Salah satu hak yang kita miliki sebagai warga negara ketika berada di jalan umum adalah ….
10. Jika kita tidak mau mentaati peraturan lalu lintas, maka hal itu bisa mengakibatkan terjadinya ….
Bacalah cerita di bawah ini untuk mengisi soal nomor 11 sampai 13!

Pak Jaya merupakan seorang kepala desa Cempakasari. Pada suatu hari ia melihat bahwa jembatan penghubung desa yang menuju ke persawahan penduduk telah rusak sebagian. Hal itu terjadi karena hujan deras yang terjadi beberapa hari yang sebelumnya. Dengan rusaknya jembatan itu, para warga nampak kesulitan untuk pergi ke sawah. Pak Jaya kemudian mengajak para warga untuk kerja bakti bergotong-royong membangun jembatan. Warga pun dengan antusias mengikuti kegiatan tersebut. Para warga pun berbondong-bondong datang. Mereka saling bahu-membahu memperbaiki jembatan itu. Setelah dikerjakan sekitar satu minggu akhirnya jembatan itu berhasil diperbaiki. Sehingga warga bisa kembali beraktifitas ke sawah dengan mudah melalui jembatan itu.

 

11. Kalimat yang menunjukan masalah pada cerita di atas adalah ….

12. Bagaimanakah penyelesaian dari masalah pada cerita di atas?
13. Kegiatan gotong-royong adalah salah satu kegiatan yang bisa menjaga kerukunan antar warga. Menjaga kerukunan adalah kewajiban dari ….
14. Ketika setiap warga mampu memenuhi kewajibannya dalam menjaga kerukunan, maka banyak hak yang bisa dirasakan setiap warga juga. Hak tersebut antara lain adalah ….
15. Contoh hak sebagai warga negara dalam beragama adalah ….
16. Kewajiban kita sebagai warga negara dalam menyikapi agama di Indonesia yang beragam, antara lain adalah dengan cara ….
17. Contoh perbuatan yang mencerminkan sikap bangga menjadi orang Indonesia antara lain adalah ….
18. Hal di bawah ini yang perlu kita banggakan sebagai orang Indonesia adalah ….
19. Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh bisa dilakukan dengan cara memilih makanan yang sehat. Makanan yang sehat antara lain memiliki ciri-ciri ….
20. Makanan yang terbungkus dengan rapat bisa menghindarkan makanan tersebut dari ….
21. SD Cahaya Brilian memberikan poster hidup sehat kepada 100 siswa kelas 3 SD. Poster itu bisa dipasang di rumah masing-masing atau di berikan kepada tetangganya. Setiap siswa mendapatkan jumlah poster yang sama. Kemungkinan yang tepat mengenai jumlah seluruh poster yang dibagikan dan jumlah poster yang diterima setiap siswa adalah ….
22. Bu Reni membuat kue untuk dibagikan kepada 40 siswanya. Ia membagikan kue itu dengan jumlah sama rata. Kemungkinan di bawah ini yang tepat mengenai jumlah kue yang dibuat bu Reni dan jumlah kue yang diterima setiap siswa adalah ….
23. Kepala desa Tambakromo hai ini ingin membagikan bibit pohon mangga kepada 12 RT. Bibit pohon mangga itu dibagikan dengan jumlah sama rata. Kemungkinan di bawah ini yang tepat mengenai jumlah bibit pohon yang akan dibagikan dan jumlah bibit pohon mangga yang didapatkan setiap RT adalah ….
24. Pemerintah kabupaten Pati akan menanam pohon trembesi di 10 jalan utama kabupaten. Pohon trembesi itu akan ditanam di pinggir jalan utama agar bisa mengurangi polusi udara. Jumlah pohon yang ditanam akan dibagikan sama rata setiap jalan. Kemungkinan di bawah ini yang tepat mengenai jumlah pohon trembesi yang akan dibagikan dan jumlah pohon yang ditanam setiap jalan adalah ….
25. Pada hari minggu pemerintah desa Sukareja membagikan pupuk gratis untuk 15 kepala keluarga. Setiap kepala keluarga tersebut mendapatkan jumlah pupuk dengan berat yang sama. Kemungkinan di bawah ini yang tepat mengenai jumlah seluruh pupuk dari desa dan jumlah pupuk yang diterima setiap kepala keluarga adalah ….

Demikian Soal Online Tema 4 Kelas 3 SD Subtema 4 Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara Langsung Ada Nilainya. Bimbel Brilian berharap anda berkenan memberikan koreksi dan saran apabila ada soal-soal di atas yang perntanyaan aatau jawabannya mungkin kurang tepat, agar latihan soal online yang disajikan di atas bisa menjadi lebih baik dan bagus. Terima kasih, semoga bermanfaat.bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 2 =