Soal Online Tema 5 Kelas 5 SD Subtema 2 Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Kali ini Bimbel Brilian menyajikan latihan soal berbentuk online untuk memudahkan putra-putri anda dalam belajar.

Keterangan soal online :

Jenis soal online = Pilihan ganda
Jumlah soal online = 25 butir soal
Waktu mengerjakan = 90 menit
Bab / Materi Soal =  Soal Online Tema 5 Kelas 5 SD Subtema 2 Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem Langsung Ada Nilainya

*Jika ingin melihat soalnya secara lengkap dan juga ingin mendownloadnya, berikut linknya :

Soal Tema 5 Kelas 5 SD Subtema 2 Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem dan Kunci Jawaban

Download Soal Online Tema 5 Kelas 5 SD Subtema 2 Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Di bawah ini adalah Soal Online Tema 5 Kelas 5 SD Subtema 2 Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem secara otomatis, semoga bisa menambah motivasi ananda tercinta dalam belajar dalam mengasah kemampuannya.

Cara mengerjakan soal online ini :

– Pilihlah jawaban yang dianggap tepat
– Jika sudah selesai, klik tulisan ” KOREKSI JAWABAN ” di bagian paling bawah soal untuk mengoreksi.
– Lihatlah hasil koreksi beserta penilaiannya.

Selamat mengerjakan.

Selamat Mengerjakan Soal Online Tema 5 Kelas 5 SD Subtema 2 Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem

1. Setiap makhluk hidup membutuhkan makhluk hidup lainnya untuk bisa bertaha, bukti dari hal tersebut antara lain adalah ….
2. Penangkapan kelinci dan rusa di hutan bisa mengganggu rantai makanan pada eksosistem hutan. Hal ini juga bisa mengakibatkan ….
3. Peran rumput pada ekosistem hutan adalah sebagai ….
4. Puncak piramida rantai makanan biasanya ditempat hewan-hewan karnivora. Contoh hewan-hewan tersebut antara lain adalah ….
5. Rantai makanan di bawah ini yang tidak tepat adalah ….
6. Hubungan saling menguntungkan antara dua makhluk hidup dinamakan simbiosis ….
7. Benalu yang hidup di atas pohon mangga dapat menyebabkan pohon mangga menjadi kering, layu bahkan mati. Hubungan benalu pada pohon mangga ini dinamakan simbiosis ….
8. Contoh simbiosis komensalisme terjadi antara ….
9. Hubungan kupu-kupu dan tanaman bunga termasuk contoh simbiosis mutualisme. Kupu-kupu mendapatkan keuntungan bisa mnghisap madu atau nektar bunga. Sedangkan tanaman bunga ….
10. Hubungan nyamuk dengan manusia bisa dikategorikan sebagai simbiosis parasitisme. Dimana nyamuk mendapatkan keuntungan bisa menghisap darah manusia, sedangkan manusia bisa ….
Bacalah teks berikut ini untuk mengisi soal nomor 11 – 13!

Rantai makanan pada ekosistem sawah perlu kita jaga dengan baik. Sebagai manusia kita tidak boleh secara sembarangan melakukan perburuan di daerah persawahan. Kegiatan perburuan yang sembarangan bisa membuat rantai makanan pada ekosistem bisa terganggu atau bahkan menjadi kacau dan tidak terkendali. Hal ini bisa memberikan kerugian besar bagi para petani. Petani bisa mendapatkan panen yang sedikit. Bahkan petani bisa mengalami gagal panen.

Makhluk hidup pada rantai makanan di ekosistem sawah saling bergantung dan mempengaruhi. Perburuan hewan tingkat konsumen I hingga konsumen tingkat puncak pada ekosistem sawah, jika dilakukan secara berlebihan dan sembarangan maka bisa berpotensi buruk. Contohnya, jika konsumen pada tingkat puncak seperti elang di buru. Maka ular akan semakin banyak dan hal itu berbahaya bagi petani. Jika ular diburu atau dimusnahkan, maka populasi tikus menjadi meningkat sehingga tanaman petani terancam rusak dimakan tikus. Jika tikus dimusnahkan, maka populasi ular dan elang pun berkurang. Bahkan jika konsumen tingkat I tidak ada lagi, maka hewan konsumen tingkat berikutnya akan ikut punah pula. Kepunahan yang disebabkan karena tidak adanya makanan yang dimangsa.

11. Pokok pikiran pada paragraf pertama adalah ….

12. Pokok pikiran pada paragraf kedua adalah ….
13. Apakah hal yang terjadi jika ular dimusnahkan dari ekosistem sawah?
14. Pada zaman dahulu tari Gambyong dipentaskan ketika memasuki masa panen padi, sekarang tari Gambyong banyak dipentaskan untuk menyambut tamu. Berikut ini yang adalah properti yang digunakan untuk tari Gambrong, kecuali ….
15. Properti yang digunakan dalam tarian daerah antara lain bertujuan untuk ….
16. Tempat pembacaan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia adalah di ….
17. Naskah proklamasi ditulis tangan oleh Ir. Soekarno, kemudian naskah tersebut diketik ulang oleh ….
18. Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta diculik oleh para pejuang golongan muda pada tanggal 16 Agustus 1945 ke Rengasdengklok. Tujuan penculikan oleh golongan muda itu antara lain untuk ….
19. Dampak dari peristiwa Proklamasi Kemerdekaan terhadap kehidupan bangsa Indonesia yaitu ….
20. Sikap yang bisa kita contoh dari peristiwa proklamasi kemerdekaan adalah ….
21. Berikut ini yang merupakan ketampakan buatan adalah ….
22. Indonesia memiliki ketampakan alam yang beraneka ragam. Banyak pegunungan yang indah, pantai-pantai yang eksotis dan lain sebagainya. Agar hal itu bisa dimanfaatkan dengan baik, salah satu caranya adalah kita harus ….
23. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat terjadi jika sumber daya alam dikelola dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan, kecuali ….
24. Kegiatan gotong royong yang tepat untuk kita lakukan di lingkungan sekolah seperti ….
25 Membiasakan gotong-royong di lingkungan masyarakat akan membuat suasana di masyarakat menjadi ….

Demikian Soal Online Tema 5 Kelas 5 SD Subtema 2 Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem. Bimbel Brilian berharap anda berkenan memberikan koreksi dan saran apabila ada soal-soal di atas yang perntanyaan aatau jawabannya mungkin kurang tepat, agar latihan soal online yang disajikan di atas bisa menjadi lebih baik dan bagus. Terima kasih, semoga bermanfaat.bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 1 =