Cara Belajar Efektif yang Asyik dan Menyenangkan pada Masa Pandemi

Halo, selamat pagi. Pada kesempatan ini, kami akan menyampaikan artikel tentang cara belajar asyik dan menyenangkan pada masa pandemi.
Covid-19 benar-benar membuat berbagai sektor kewalahan. Dari sektor ekonomi, bisnis, pemerintahan bahkan sektor pendidikan tak luput terkena imbas dari virus yang berasal dari daratan Tiongkok ini.
Sikap pemerintah untuk menyiasati dampaknya di sektor pendidikan, membuat kebijakan belajar dari rumah. Namun, kebijakan di rumah ini membuat beberapa guru dan orang tua yang kewalahan mengurus pendidikan anak-anak mereka.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan tips dan trik agar belajar menjadi asik dan menenangkan. Berikut tipsnya.

1. Bulatkan tekad
Belajar bertujuan untuk mendapatkan informasi dan menjadikan kita berubah menjadi lebih baik. Oleh karenanya, kita harus menguatkan tekad untuk belajar. Tentukan tujuan utama kalian. Jangan sampai cita-cita kalian kalah dengan rasa malas apalagi game yang tidak mendidik.

2. Disiplin yang ketat.
Selain tekad yang bulat, seseorang yang belajar harus membuat disiplin tertentu. Membaca buku memang penting, akan tetapi jika tidak dilakukan dengan disiplin dan rajin, semua hal akan keteteran.
Utamakan belajar, tapi sebagai anak kita harus tetap membantu orang tua. Tidak mungkin kan kita menjadi beban selama-lamanya.

3. Usahakan ada teman belajar
Anjuran pemerintah kita harus menjaga jarak social atau social distancing. Tapi saat belajar, paling enak ditemani oleh seseorang. Seseorang ini bias saja teman kelas, atau orang tua. Kenapa demikian? Ksaat kita sedang belajar, tentu tidak semua materi kita pahami. Adanya orang tua atau teman dapat kita manfaatkan sebagai salah satu ladang ilmu. Begitulah kira-kira.

4. Pastikan tempat kalian belajar memiliki sirkulasi udara yang baik.
Yups, ini adalah salah satu trik agar belajar menjadi menyenangkan dan menenangkan. Alasannya adalah tempat yang regulasi udaranya baik, pasti akan menyuplai oksigen ke dalam saluran pernafasan kita.
Setidaknya, kita tidak menjadi cepat mengantuk. Dan lagi, lingkungan yang demikian membuat kita lebih fresh. Jadi dapat dipastikan, otak kita mudah menerima materi pelajaran.

5. Sediakan snack atau makanan ringan.
Ini idola banget. Apalagi buat suka ngemil makanan. Tapi ingat ya, tujuan disediakan makanan ini adalah agar belajar menjadi menyenangkan. Bukan untuk makan saja.

6. Dengarkan musik favorit.
Mendengarkan musik merupakan salah satu cara favorit agar belajar menjadi asik dan menyenangkan. Selain merangsang hormon endorphin di otak, lirik lagu dalam music tersebut juga bias dijadikan sebagai penambahan kosakata dalam pikiran.
Kosa kata ini secara tidak langsung akan diproduksi oleh otak dan ketika kita bicara, pastinya kosakata tersebut akan diucapkan sesuai dengan fungsinya. Lumayan, bukan?

7. Buat catatan kecil
Membuat catatan kecil atau meringkas menjadi tips dan triks belajar yang menyenangkan selanjutnya. Membuat catatan kecil akan membantu kita mengingat apa yang baru saja kita pelajari.
Setidaknya, dengan membuat ringkasan kita menjadi lebih siap untuk materi selanjutnya.

8. Pahami, bukan mengahafal.
Menghafal merupakan kesalahan sangat fatal yang dilakukan dalam belajar. Kenapa demikian? Belajar dengan cara menghapal akan memaksa otak untuk mengingat, bukan menerapkan. Artinya kita hanya menghafal konsep dan tidak menerapkannya.
Memori otak manusia yang terbatas, membuat manusia menjadi cepat pelupa. Jadi sebaiknya, saat belajar jangan hanya menghafal saja. Jangan lupa untuk menghubungkan dan menerapkannya dengan kehidupan sehari-hari.
Dijamin, kita tidak hanya pinta tapi juga cerdas menghadapi sesuatu.

9. Malu bertanya tersesat di kamar.
Ini adalah dekontruksi peribahasa malu bertanya tersesat di jalan. Maksud dari peribahasa ini jangan sampai pengetahuan kita sebatas kamar saja. Masih untung kalau lampu kamar menyala, kalau mati? Bias dibayangkan betapa gelapnya hidup kita.


Sebagai seorang pencari ilmu, ada baiknya kita bertanya kepada siapapun. Bahkan, bertanya ke pada google pun tak masalah. Cari jawaban dari mana saja atas pertanyaan yang timbul saat belajar.
Jika bertanya kepada A tidak memuaskan, silakan Tanya ke pada si B. jika kuutang puas, Tanya lagi ke SI C. begitu seterusnya sampai kita mendapatkan jawaban yang memuaskan.

10. Jangan menyerah.
Ingat! Para tokoh dunia selalu pantang menyerah. Jika Thomas Alva Edison menyerah pada percobaan ke 99, tentu kita tidak bias merasakan manfaat lampu di rumah kita.
Biasakan diri dengan halangan dan rintangan saat belajar. Percayalah, usaha tak akan menghianati hasil.

Demikian tentang tips dan trik belajar efektif yang asik dan menyenangkan di masa pandemi ini. Tetap jaga kesehatan, pakai masker dan jaga jarak serta berdoa kepada Tuhan. Semoga masa pendemi ini segera berlalu.
Salam.

Ditulis oleh Muhamad Nur Halim.
Seorang guru yang juga merupakan pemilik dan pengelola laman www.ambarisna.com

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x